Sejarah Internet Indonesia:dempo

From OnnoWiki
Jump to: navigation, search

Sejarah Internet SMU Santo Albertus (Dempo) Malang

sekolah swasta pertama di kota Malang yang tersambung ke Internet

Tahun 1996

Agus Kusumo Rahardjo www.rahardjo.net/agus memulai pembuatan website sederhana SMU Santo Albertus, pengenalan pembuatan homepage didapat dari buku berbahasa Inggris yang difotokopi kurang lebih 3 bab dari perpustakaan STTS (Sekolah Tinggi Teknik Surabaya). Rencana awal homepage akan diletakkan di webserver STTS setelah berdiskusi dengan kepala pusat komputer STTS.

Salah satu alumni SMU Dempo, Bapak Dibyo Gahari www.dibyo.com datang ke SMU Santo Albertus menawarkan domain dan hosting gratis. Sejak saat itu kami mulai menggunakan www.st-albertus.com yang di host di server Amerika, tidak jadi hosting di STTS.

MegaNet masuk ke kota Malang (ISP pertama di Kota Malang). SMU Dempo menjadi anggota dial-up 15 jam (60.000 per bulan), juga meletakkan website mirror di server MegaNet.

Agus Kusumo Rahardjo menggunakan software wingate (versi 2) untuk mengkoneksikan 5 komputer di intranet kantor pusat SMU Dempo ke MegaNet via 1 komputer 1 modem 1 line telepon. Agus Kusumo Rahardjo memberikan pelatihan kepada teman-teman yang ingin belajar tentang internet.

Tahun 1997

Bapak Onno W. Purbo datang ke Malang memberikan ceramah tentang koneksi ke internet melalui AI3 ITB dan YWCN (Yayasan Widya Caraka Nusantara). Saat itu hadir Bapak Karel Pangau (ketua Lab Komp) dan Agus Kusumo Rahardjo (siswa) dari SMU Dempo (satu-satunya SMU yang diundang saat itu). Sepulang seminar, kami mengajukan dan terus mendesak pimpinan kepala sekolah saat itu Romo Siswanto (panggilan akrab alm. Romo Sis) untuk mengkoneksikan ke internet 24 jam.

Pertengahan 1997, SMU Dempo terkoneksi ke AI3 ITB melalui YWCN (yang sekarang berubah menjadi globalxtreme.net) dengan menggunakan WaveLan 2Mb. Saat ini merupakan momen bersejarah karena bersamaan dengan dibukanya Lab Komputer dengan 30 unit komputer baru yang menelan biaya besar dan membuat iri pengelola lab lain.

Agus Kusumo Rahardjo memprakarsai Tim Internet Dempo, Tim Internet Dempo terus meng-update website st-albertus.com. Mengembangkan proxy internal (wingate), mail server internal (mdaemon) dengan OS Windows NT 4.0 Akhir tahun 1997 SMU Dempo diberi IP public atas prakarsa Bapak Lendy Widyana YWCN atas usaha keras kami membangun server proxy internal untuk menghemat bandwidth ke YWCN. Saat itu beliau memuji kesungguhan kami (siswa SMU) mengembangkan teknologi internet.

Tahun 1998

Awal 1998 atas inisiatif Bapak Onno W. Purbo dkk, diadakan tele-videoconference antar siswa SMU. Tele-videoconference meliputi ITB - ITS - SMU Dempo - Radio Makobu (Malang Kota Bunga). Tim Internet Dempo diteruskan oleh Marcellino www.kopitubruk.com dkk.

Hingga saat ini Dempo terkoneksi WaveLan 24 jam ke www.Globalxtreme.net. Domain berkembang menjadi www.dempoku.com dan www.dempo.org