Gateway

From OnnoWiki
Jump to: navigation, search

Gateway adalah sebuah istilah yang mengacu kepada titik keluar atau titik perpindahan (baca : exit point) baik berupa fisik (baca : konversi media) maupun logik (baca : IP node) dalam sebuah jaringan komputer atau jaringan komunikasi agar dapat berhubungan dengan jaringan lainnya.

Bentuk gateway dapat berupa sebuah perangkat fisik yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.

Seiring dengan merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gateway" dengan "router" yang sebetulnya juga benar - dalam artian router juga memiliki kemampuan untuk melakukan konversi protokol semisal perubahan protokol LAN semacam IP ethernet ke protokol WAN semacam serial PPP.

Kadangkala, kata "gateway" digunakan untuk mendeskripkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar.


Pranala Menarik