2008-02-19 VP6DX, Kepulauan Ducie

From OnnoWiki
Jump to navigation Jump to search
Date: Tue, 19 Feb 2008 12:15:21 +0700
From: "Jo,YC0LOW" <yc0low@gmail.com>
Reply-To: orari-news@yahoogroups.com
To: orari-news@yahoogroups.com 
Subject: [orari-news] VP6DX, Kepulauan Ducie

Kepulauan Ducie, VP6/d, kembali diaktifkan oleh sebuah tim dxpedition internasional dengan callsign VP6DX. Ducie menjadi entitas negara baru DXCC pada 2001 (saya kutip tulisan lama saya di maillist Orari-news di bawah ini). Dibandingkan yang dulu, anggota tim kali ini lebih banyak yang berpengalaman pada LOW bands, termasuk top band (160m). Peralatannya juga cukup mewah dan lengkap. Semua informasi, on-line log dan foto-foto kegiatannya bisa disimak di http://ducie2008.dl1mgb.com/

Hingga saat ini, saya belum bisa mendengar sinyal VP6DX pada top band. Padahal, sudah berusaha 'nongkrong' di depan radio selepas Sun Set di Cinere s/d waktu Sun Rise di kepulauan tsb. Antena RX (EWE dan Beverage) ke arah timur tidak 'mempan' meredam static noise karena Jawa diliputi hujan dan badai angin.Pada DX Cluster terdapat banyak spots dari stasiun-stasiun di NA dan EU (bagian utara) yang menyatakan mereka telah mendengar dan/atau menyelesaikan QSO dua-arah pada top band dengan baik. Semalam pun saya hanya berhasil kontak pada 80m, CW.

Dari beberapa stasiun YB/YC yang sudah masuk on-line log mereka, belum ada satu pun yang tercatat pada log 160m-nya. Entah apakah propagasi akan memberi kesempatan bagi saya untuk menjadi salah satu yang beruntung!

Tnx es 73 de Jo, YC0LOW