2007-12-25 Saatnya untuk DXing pada Topband (160m)

From OnnoWiki
Jump to navigation Jump to search
Date: Tue, 25 Dec 2007 08:52:49 +0700
To: orari-news@yahoogroups.com
From: "Jo, YC0LOW" <yc0low@...>
Subject: Saatnya untuk DXing pada Topband (160m)


Walaupun saya lama tidak menulis di sini, namun kegiatan rutin pada topband (160m) tetap dijalankan. Panggilan CQ DX saya spesifik untuk NA dan SA. Tidak melayani EU :-))

Bersamaan dengan masuknya musim dingin di northern hemisphere maka di saat menjelang Sun Rise di WIB, zona kegelapan (darkness zone) dari Cinere bisa membentang hingga pantai timur Amerika Serikat atau ke arah pantai timur benua Amerika Selatan (Brasil, Venezuela dll). Grayline propagation yang seperti inilah yang dicari para penggiat LOW band dxing karena amat jarang terjadi pada musim-musim lainnya. Ini memungkinkan terjadinya long path QSO. Masih ingat tulisan saya sebelumnya yang berisi laporan bahwa sinyal 100W dari Cinere terdengar oleh Bill, W4ZV di North Carolina?

Pada 18 Desember 2007, 2231 UTC, Paul, N1BUG di Maine, AS juga melaporkan via internet bahwa dia mendengar sinyal saya. Jarak Cinere ke Maine adalah sekitar 15.700 km! Seperti Bill, W4ZV, dia mendengar sinyal YC0LOW juga dari arah tenggara. Jadi, bila kita simulasikan dengan miniatur bola dunia dan sebuah lampu sorot, maka signal path tidak mengalami pembelokan (skewed). Namun sayang, hingga hari ini, belum terjadi Long Path QSO.

Pada umumnya, kondisi propagasi topband ke Eropa dan Asia lebih baik dari pada keadaan di bulan-bulan lainnya. Munculnya stasiun-stasiun dari Asiatic Russia (zone 18) membuat banyak topbander Amerika yang sudah 'nongkrong' sejak adzan Maghrib terdengar di Cinere. Asal tahu saja, bagi mereka Zone 18 adalah zone yang susah.

Operasi E4/OM2DX selama seminggu baru saja usai. Sejak pertama kali QRV, saya tidak bisa mendengar sinyalnya. Ini tidak heran, karena sinyal dari Timur Tengah pada topband tidak selalu mulus terdengar di YB-land. Satu lagi potensi koleksi negara DXCC baru, luput oleh saya!

Dari Indonesia, belum ada muka baru (entah mengapa, saya selalu mimpi ada banyak operator Indonesia main di sini). Bob, YB5AQB kembali aktif dari Batam. Sesekali saya dipanggil oleh YC1HBP yang tidak bisa saya layani berlama-lama karena ingin fokus ke DX. Pagi ini (WIB) saya dengar munculnya YF1OO memanggil XW1B di 1829 KHz. Kedua stasiun ini --terutama yang dari Laos-- merupakan stasiun langka bagi komunitas dxer dunia.

Tnx es 73 de Jo, YC0LOW